get this widget here

Wednesday 31 December 2014

Batu Permata Mirah Windusara

Saya mulai tertarik dengan batu permata setelah guru saya memperlihatkannya kepada saya. Saya tertarik karena bentuk dan warnanya sangat unik. Walaupun saya tidak tahu tentang khasiatnya, namun saya tertarik dengan batu permata entah apa yang menyebabkan. Mengingat harganya yang cukup mahal, dan saya juga tidak memiliki banyak uang untuk membeli, maka saya memutuskan untuk searching di internet mencari jenis-jenis batu permata. Alhasil saya menemukan sebuah blog yaitu blog Rahasia Batu Mulia, dengan alamat  http://anekapermatamulia.blogspot.com dan dari blog ini saya mendapat pengetahuan lebih tentang batu permata.

Kemudian saya memutuskan untuk memposting ulang artikel yang ada di blog tersebut di blog saya. Adapun artikel yang saya dapatkan dari blog tersebut yaitu sebagai berikut.

***************************
Batu Permata Mirah Windusara



Permata windusara merupakan batu mulia dengan jenis batu mirah atau Robijn atau Ruby adalah batu yang tergolong dalam batuan Curundum mineral (Korund) dan memiliki nilai kekerasan 9 mohs, batu ini juga memiliki berat jenis 3,99-4.00.


Batu ini khususnya di pulau bali dinamakan Batu permata windusara mempunyai ciri berwarna merah ada titik putih seperti biji delima kalau di luar bali sering disebut dengan mirah delima,bila dicelupkan kedalam segelas air maka air dalam gelas akan berubah warna menjadi merah .Khasiat dari batu ini sangat tinggi sehingga menjadi barang pujaan/ disakralkan. Batu ini sangat jarang ditemukan dan sangat jarang ada orang menjualnya dan andaikan ada harganya amat tinggi. Orang bali percaya bahwa batu ini adalah anugrah (paica) dari hyang kuasa, oleh karenanya sangat jarang diperjual belikan dan biasanya hanya dimiliki oleh raja-raja Bali.
Han Sam Kay merupakan pengemar batu permata ia adalah anggota Gemmological Association Of Great Britain, dan sekali berbicara tentang mirah bliau sungguh sangat terpesona melihat keindahan mahkota raja bali. Ditengah mahkota itu dihias dengan sebutir Han Ruby dan di Bali dikenal dengan mirah Windusara, batu mirah besar berbintang enam tajam sekali, warnanya merah bergaris sutra putih. Kata beliau belumpernah melihat bandingannya di seluruh indonesia.


Di Negeri Inggris tepatnya di Tower of London Museum mahkota-mahkota Raja Inggris dan barang-barang perhiasan kerajaan. Bliau (HAn Sam Kay) pernah melihat sejenis Ruby besar, tetapi tidak sedemikian indahnya seperti Han Ruby dari Bali. Batu mirah yang menghias Imperal State Crown ini mula-mula dikira mirah ( Curundum), namun kemudian menurut penelitu para ahli batuan menyimpulkan bahwa batu mirah tersebut merupakan Spinel, jadi dengan sendirinya nilainyapun berkurang bila dibandingkan dengan HanRuby mahkota Raja Bali yang mempunyai riwayat yang megah.


Khasiat dari batu permata mirah windusara
Di Bali batu mirah windusara kerap digunakan /dipakaikan orang yang telah meninggal dunia, mulutnya dipasangi batu permata ini, hal ini dimaksud supaya jenasah tidak berbau busuk dan cara memasangnyapun tidak boleh menggunakan tangan melainkan dengan mulut. Batu ini juga dipercaya  berkhasiat untuk mendatangkan banyak rejeki, sangat cocok digunakan oleh seorang peminpin karena dapat meningkatkan kewibawaan dan kesejahteraan.

Demikial sekilas mengenai batu permata mirah windusara, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai batu permata mulia.



1 comments:

  1. bagus blognya , silahkan mampir ke www.mustikapengasih.blogspot.com bagi sedang membutuhkan dan mencari pusaka atau mustika berkhodam dan bertuah dasyat PIN BB 2B2779DF terimakasih

    ReplyDelete